Selasa, 03 Mei 2011

Zat pencemar udara

Pada dasarnya, zat-zat pencemar udara dihasilkan oleh berbagai sumber, baik yang disebabkan oleh     aktivitas manusia maupun gelaja atau fenomena alam. Berikut ini adalah beberapa zat paling mencemari udara yang dihasilkan dari berbagai sumber.

1. Karbon Monoksida (CO)
Karbon monoksida (CO) merupakan gas beracun yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Gas CO dihasilkan dari proses pembakaran tidak sempurna senyawa-senyawa yang mengandung karbon, khususnya batubara, minyak bumi, dan gas alam. Gas CO ini ditemukan dalam jumlah besar pada gas buang kendaraan bermotor dan gas buang dari proses-proses industri.
Pada kondisi normal, kadar gas CO di udara sekitar 0,1 ppm. Akan tetapi, karena adanya pembakaran tidak sempurna dari senyawa organik, terutama bahan bakar fosil pada mesin kendaraan bermotor dan mesin-mesin industri, kadar gas CO di udara dapat mengalami peningkatan. Jika peningkatan kadar gas CO melebihi nilai ambang batas (NAB), yaitu sebesar 30 ppm, hal ini dapat menimbulkan ancaman serius bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.
2. Karbon Dioksida (CO2)
Karbon dioksida (rumus kimia: CO2) atau zat asam arang adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon. Ia berbentuk gas pada keadaan temperatur dan tekanan standar dan hadir di atmosfer bumi. Rata-rata konsentrasi karbon dioksida di atmosfer bumi kira-kira 387 ppm berdasarkan volume walaupun jumlah ini bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan waktu. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang penting karena ia menyerap gelombang inframerah dengan kuat.
Karbon dioksida dihasilkan oleh semua hewan, tumbuh-tumbuhan, fungi, dan mikroorganisme pada proses respirasi dan digunakan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis. Oleh karena itu, karbon dioksida merupakan komponen penting dalam siklus karbon. Karbon dioksida juga dihasilkan dari hasil samping pembakaran bahan bakar fosil. Karbon dioksida anorganik dikeluarkan dari gunung berapi dan proses geotermal lainnya seperti pada mata air panas.
Karbon dioksida tidak mempunyai bentuk cair pada tekanan di bawah 5,1 atm namun langsung menjadi padat pada temperatur di bawah -78 °C. Dalam bentuk padat, karbon dioksida umumnya disebut sebagai es kering.
CO2 adalah oksida asam. Larutan CO2 mengubah warna litmus dari biru menjadi merah muda. CO2 adalah salah satu komponen udara yang tidak berwarna, tidak berbau, dan mudah larut dalam air. Pada kondisi normal, kadar gas CO2 di udara sekitar 330 ppm. Akan tetapi, dengan adanya pembakaran senyawa-senyawa organik, fermentasi, respirasi makhluk hidup, dan letusan gunung berapi, kadar gas CO2 udara dapat meningkat sehingga menjadi zat pencemar udara.
Sebe­narnya, gas CO2 memberikan manfaat pen­ting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Hal ini karena CO2 dapat menjaga suhu bumi agar tetap hangat di malam hari. Di samping itu, gas CO2 dimanfaatkan oleh tumbuhan hijau untuk proses fotosintesis yang hasilnya juga dimanfaatkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya, khususnya hewan. Akan tetapi, dalam jumlah yang melebihi ambang batas, gas ini dapat memicu terjadinya efek rumah kaca (green house effect) dan pemanasan global (global warming) di bumi.
3. Oksida Belerang
Oksida belerang adalah senyawa-senyawa yang mengandung belerang dan oksigen, seperti belerang dioksida (SO2) dan belerang trioksida (SO3).
Oksida belerang yang mencemari udara terutama adalah gas SO2 yang dihasilkan pembakaran minyak bumi dan batubara yang mengandung unsur belerang (S) dan dari pengolahan logam yang menggunakan biji sulfida.
Keberadaan gas SO2 dengan kadar tinggi di udara, apabila dihirup, dapat me­nimbulkan penyakit pada organ-organ pernapasan, seperti pada paru-paru dan tenggorokan. Selain tiu, gas SO2 dapat bereaksi dengan oksigen membentuk gas SO3 yang merupakan oksida asam. Apabila gas SO3 bereaksi dengan air, akan membentuk senyawa asam sulfat (H2SO4) yang bersifat korosif. Zat inilah yang menjadi salah satu pemicu hujan asam.
4. Oksida Nitrogen
Oksida nitrogen merupakan senyawa-senyawa yang mengandung unsur nitrogen (N) dan oksigen (O). Contohnya, nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2). Gas-gas oksida nitrogen di udara dihasilkan dari pembakaran bahan bakar mesin bermotor pada suhu tinggi, kebakaran hutan, kilat (petir), dan lain-lain.
Oksida nitrogen yang dapat menimbulkan pencemaran udara adalah gas NO dan NO2. Gas NO dapat bereaksi dengan oksigen membentuk gas NO2 yang lebih berbahaya. Hal ini karena nitrogen dioksida (NO2) merupakan gas berwarna coklat yang sangat beracun. Jika gas NO2 dihirup melalui pernapasan, dapat menimbulkan kanker. Bahkan, kematian. Pada siang hari, NO2 akan terurai menjadi gas NO dan satu atom oksigen (O). Kemudian, atom oksigen tersebut bereaksi dengan molekul-molekul oksigen untuk membentuk ozon (O3).
Keberadaan ozon pada udara dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti mempengaruhi pertumbuhan, radang paru-paru (bronkhitis), iritasi mata, dan lain-lain. Selain itu, dapat menimbulkan kerusakan pada alat-alat yang terbuat dari karet, misalnya ban.
5. Partikulat
Partikulat adalah komponen udara berupa partikel padat atau cairan yang membentuk sistem koloid (aerosol cair maupun aerosol padat). Jika jumlah partikulat di udara cukup tinggi atau merupakan zat yang berbahaya, partikulat tersebut dianggap sebagai zat pencemar udara.
Partikulat-partikulat dapat dihasilkan melalui aktivitas manusia, misalnya proses-proses industri dan pembakaran mesin-mesin kendaraan bermotor atau melalui kejadian alam seperti letusan gunung berapi, badai, kebakaran hutan, dan lain-lain.
Beberapa partikulat yang mencemari udara antara lain partikel-partikel timbal (Pb), nikel (Ni), raksa (Hg), kadmium (Cd), dan partikel-partikel asbestos (partikulat-partikulat nonlogam yang berupa serat-serat mineral).

4 komentar:

  1. mb, bagaimana cara meminimalisir zat2 pencemar udara itu,,,biar udara qt bersih

    BalasHapus
  2. mnrutQ, kta bisa meminmalisir zat2 pncemar trsebut dngan mlakukan hal2 berikut, diantaranya:
    mngurangi pmkaian kndaraan, mnanam phon (penghijauan) untuk mmnimalisir zat2 yng brbahya. jngan merokok, selain itu mndaur ulang kmbli brang2 bkas yng dpat didaur ulang.

    BalasHapus
  3. siiippp,semua berawal dari diri sendiri..
    makasih mb atas penjelasannya

    BalasHapus